Standar Error

Tau BSN ndak ? Saya juga baru tau itu, yang adalah Badan Standarisasi Nasional, itu kerjaannya kayaknya ya bikin standar untuk produk-produk macem-macem. Yang paling jelas sih hasilnya terlacak pada benda yang berlogo SNI, seperti pada helm.

Atau kinerja sebuah organisasi mungkin, semua bisa dibikin standar, berdasarkan output dan input yang ada. Tinggal dirinci maunya ntar gimana, tulis poin-poin yang ingin dicapai untuk sampai titik optimal. Kalau ada yang dibawah standar yang telah ditetapkan, ya mungkin pilihannya di perbaiki ke depannya, atau sekalian di rijek.

Tapi, itu bagi hal-hal yang gampang, atau bisa dibikin standar. Bagaimana dengan konstruksi nilai-nilai yang melekat pada manusia ? Yang masih berbentuk konstruk ? Bisa gitu dibikin standarnya ? Dibikin kuantifikasinya ? Mungkin bisa, tapi jelas sangat amat tidak akurat.

Semuanya kemungkinan cuma dibentuk berdasarkan persepsi (lagi) , common sense, atau semacam penelitian singkat berdasarkan sampling dengan standar deviasi yang entah berapa.

Kesimpulannya, semua yang terkait dengan wujud manusia, baik fisik maupun sikap dan perilakunya. Adalah teramat sangat relatif.
Demikianlah.
😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: