Kelas Satu Es De

Jadi inget dulu waktu sekolah dasar kelas satu es de yang mana es de adalah SD yang merupakan kepanjangan dari sekolah dasar.  Perasaan pertama masuk ngebaca aja ngga bisa, nulis seadanya, apalagi soal angka-angka yang berbentuk pelajaran matematika.

Kemarin iseng liat buku tugasnya si tengah yang baru masuk kelas satu, dan itu membuat saya shock sendiri, masa kelas satu yang baru masuk dua bulan kurang dikit, udah diajarin itung-itungan sampe puluhan ?  terus menulis udah berbaris-baris gitu, dan tampaknya tak ada toleransi banget, masa satu huruf salah dianggap salah satu baris gitu, sungguh..

Ini sebenernya yang nyusun kurikulum apa maunya coba sih deh dong, dan kadang terasa aeh kalau baru masuk sekolah dasar ujian masuknya malah baca tulis.  Saya curiga ini semacam trik agar guru-gurunya ga susah-susah lagi ngajarin baca tulis dari awal, dari dasar, kalau sampai begitu tujuannya, sungguh ther-lha-lhu..

Lah judulnya aja kan sekolah dasar, harusnya ya ngajarin semua dasar-dasar pembelajaran, belajar dengan nyaman, tak cuma menghapal semata, dan apa memang sudah tuntutan sekarang gitu ? Ah tuntutan siapa, itu yg nyusun kurikulum juga saya yakin pas esde dulu ga separah gitu itung-itungannya.

Jadi, ada yang ngerti maksud dari semua itu ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: