Stepwise

Arti sesungguhnya entahlah, yang jelas itu sekelumit dari bagian metode itung-itungan yang pernah saya coba pelajari dulu.  Caranya terkesan simpel sih, ngitung bertahap gitu.

Sederhananya gini, mencari hubungan antara sebab dan akibat, misalnya saja nih, penyebab utama motor mogok *contoh yang aneh memang, rada diluar konteks* . Jadi ada beberapa penyebab utama yang disinyalir, misalkan ya pilihan utamanya adalah, 1. bensin abis 2. onderdil rusak 3. lupa baca doa.

Nah di antara ketiga penyebab itu, dilihat lah satu persatu, mana yang sebenernya berpengaruh pada mogoknya motor, apakah tiga-tiganya secara simultan menjadi penyebabnya, atau hanya beberapa saja di antara tiga itu yang secara persial menjadi penyebab kemogokan nya.

Kembali ke baris pertama tadi, jadi setelah diliat-liat, dicek, bisa jadi penyebabnya cuma dua saja, atau malah bisa jadi ternyata cuma satu, siapa yang tahu ? 

Lalu, apa dari satu faktor bensin misalnya, apa cuma dari situ meilihatnya ? Dari satu faktor itu malah bisa dilihat lagi indikator lainnya, bisa saja kan bensin habis karena POM bensin tutup, stok bensin di kota itu habis, atau malah duit buat beli bensinnya tekor.  Makin njelimet malah euy.

*lama ga nulis jadi ribet gini bahasanya, pokoknya intinya ya gitu, mencari akar permasalahan kadang memang harus secara bertahap dan pelan-pelan, ga bisa dilihat secara secara sekilas saja, gitu aja sih.

Demikianlah, smoga bisa dimengerti, oleh kalian ataupun oleh saya, amin.

Advertisements

One Response to “Stepwise”

  1. Asop Says:

    …bingung juga, Bang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: