Baju Baru !

Masa masih mikir saya posting tentang makanan lagi sih, ya ngga lah, ini tentang sandang, bukan tentang pangan apalagi papan *apaan sih*.

Jadi salah satu tradisi menjelang lebaran adalah menyiapkan baju baru, maksudnya membeli baju baru, atau dengan kata lain berusaha memiliki baju baru *mumet* .  Jangan herankan itu pusat perbelanjaan pada penuh-penuh, selain ceritanya sok mengobral diskon, padahal emang pada suka menebar potongan harga, alhamdulillah yah..

Ini terutama buat anak-anak, yang tentu senang punya sesuatu yang baru untuk dipakai, bersenang-senang di hari lebaran, walau dengan baju yang sederhana.  Sering ada pula yang punya pandangan lain, bahwa itu tidak begitu penting, baju baru di hari lain apa bedanya.

Bagi saya yah beda tentu, maksudnya berhubung pernah menjadi anak-anak hehehe ada sensasi luar biasa mencium wangi pakaian yang baru dibuka dari bungkusnya, yang masih belum kena dicuci, dan pagi-pagi sudah mengenakan baju terbaik hari itu.

Rasanya ya, menyenangkan.  Apalagi setelah kelar menunaikan puasa sebulan penuh, rasanya ada penghargaan tersendiri dari orangtua, walau nilainya begitu sederhana.  Tapi sungguh bagi anak-anak sangat luar biasa.  Paling tidak itu yang saya rasakan dulu, sewaktu masih kecil dan kinyis-kinyis.

Pagi-pagi setelah selesai sholat subuh, tumben-tumbennya rajin mandi pagi, sedingin apapun paginya. Kemudian mengenakan baju yang sudah dibelikan abah berhari0hari yang lalu, yang masih disimpan mama rapi di lemari.

Mungkin buat anak lain, baju baru adalah hal biasa.  Tapi saat itu, sungguh hal yang sangat yang luar biasa bagi saya.  Karena cuma di hari itulah, abah bisa membelikan saya baju baru, yang menurut saya adalah hal terindah pada hari itu, selain makanan khas lebaran dan keluarga yang berkumpul dan saling bersalaman bermaaf-maafan seusai shalat ied.

Ah beberapa hari lagi tak terasa, lebaran lagi.  Semoga semua anak-anak kecil di negeri ini bisa merasakan suka cita seperti yang saya rasakan dulu itu.  Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: