Makanan Pokok Sebagian Warga Negara Indonesia

 

Negara Indonesia yang kaya raya konon sampai dikasih gelar negara agraris karena pertaniannya.  Terutama padi yang akhirnya menjadi beras lalu berubah menjadi nasi yang menjadi makan pokok sebagian umta manusia di negeri ini.

Saya jadi teringat akan macam-macam varian nasi yang lumayan ngetop di beberapa daerah, ga cuma berupa nasi putih saja rupanya.  Ga percaya ?  Coba tengok beberapa penampakan di bawah ini.

Nah, pertama yang di bawah ini namaya Nasi Kebuli, atau di kampung saya dikasih nama nasi samin. Konon resepnya berasal dari daerah timur tengah.  Yang membedakannya kayaknya adanya kandungan santan kental, disajikan dengan daging kambing nampaknya maknyuss.  bagi yang ingin mencoba silakan aja cek resepnya disitu tuh.

..

Selanjutnya adalah Nasi Bakar, ada yang belum pernah nyoba ?  Sayapernah nyoba dulu di seputaran Cihampelas, Bandung, yang dibungkus daun pisang lalu dibakar, isinya ada ikan dan segala macam, tapi pas nyoba di Plasa Amburukmo Jogja, disajikannya dalam piring kayak nasi goreng.  Tapi rasanya sama-sama okelah. Penampakannya seperti di bawah ini nih.  JIka pengen nyoba bikin, silakan cek resepnya di situ tuh.

Kemudian, nah Nasi Uduk, ini kalo ga salah nasi khas from Betawi kan ya ? Kalo menurut Syn itu bahasanya adalah mampaknya lejaaatt.  Coba aja liat tuh gayanya sama aksesorisnya, hmm menggoda.  Kalo pengen bikin resepnya ada disana, kalo udah jadi mateng boleh deh dikirim ke saya. 😀

..

Masih belum cukup? Nah saya penasaran sama nasi yang berasal dari beras merah, sehingga dinamakan nasi merah, paling ngga itu menurut situs itu.  Konon kandungan mineralnya lebih banyak dari nasi putih, jadi menyehatkan.  Dan penampakannya pun ga mengecewakan, apalagi rasanya ya, Coba aja dilongok tuh tuh.

….

Terakhir ya ciri khas yang sering hadir di salam selamatan alias kenduri gitu, ciri khas yang Indonesia banget, itulah yang bernama Nasi Tumpeng.  Yang padahal bahan utamanya adalah nasi kuning berbentuk gunung dengan lauk berlimpah.

 

Tuh kan, sungguh kaya raya sekali makanan yang padahal bahan utamanya sama yaitu nasi.  Ah jadi ga sabar menunggu menu nasi untuk berbuka nanti.

Eh, kalian, makan nasi juga kan ?

😀

Advertisements

One Response to “Makanan Pokok Sebagian Warga Negara Indonesia”

  1. Asop Says:

    Saya suka banget nasi bakar… 😳

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: