Menghargai Bikinan Sendiri

Saya jadi teringat akan seorang kawan, eh apa seorang guru, entahlah siapa yang bercerita dulu itu, sudahlah mungkin tak penting mengingat orangnya, karena saya juga sudah lupa.  Intinya itu adalah cerita tentang proyek pengerjaan jalan di sebuah kampung.

Proyek jalan itu dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat, jadi cuma dikasih bantuan berupa material dan mungkin biaya pengerjaannya.  Sedangkan tenaga kerja ya oleh masyarakat secara gotong royong yang indah.

Seiring berjalannya waktu, jalan yang dikerjakan oleh mereka itu, ternyata jauh lebih awet daripada jalan umum pada umumnya, hasilnya juga tampaknya lebih bagus.  Ada apakah gerangan.

Ternyata setelah ditanya-tanya, karena mereka sendiri yang bikin jalan itu, jadinya mereka ngerasa itu adalah milik mereka sendiri, yang harus dijaga dan diperlakukan sebaik mungkin.  Jadi mungkin kalo ada yang rusak sedikit langsung diperbaiki aja.

Intinya sih, saya pikir salah satu cara menghargai diri sendiri adalah dengan menikmati hasil karya sendiri.  Contohnya masyarakat dengan jalanan bikinan mereka sendiri itu.  Begitu pula dengan kita, coba aja bikin apa aja dengan swadaya, dengan pemikiran dan tenaga sendiri.  Pasti bakal dijaga dan dirawat dengan baik.  Dan sesederhana apapun, rasanya bikinan sendiri bakal terasa lebih keren dan bagus dari bikinan manapun.

Ya contoh simpelnya misalnya masakan sendiri, dan walaupun cuma mi rebus doang.  Tapi karena itu effort sendiri *halagh gaya bahasanya* Jadinya serasa mi ternyaman diseluruh permukaan planet ini.

Jadi, demikianlah.

One Response to “Menghargai Bikinan Sendiri”

  1. Asop Says:

    Kalo ada truk berat lewat jalan swadaya itu, gimana ya… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: