Persepsi Pedas

Menurut Sharon L. Hanna dalam bukunya Person to Person : Positive Relationship – Don’t Just Happen, pada halaman 213 tertulis, yang kira-kira artinya sedemikian rupa, bahwa

…Persepsi juga didefinisikan sebagai proses mental dari kreasi suatu arti dari sensor data yang diterima melalui stimulasi dari indera.  Pesan ini dibawa ke otak yang kemudian akan mengorganisasi dan menginterpretasikan data tersebut   Proses tersebut dapat digambarkan seperti komputer, awalnya saat komputer dihidupkan sama dengan memasukkan data melalui pandangan, bunyi, bau, rasa dan sentuhan.  Saat sensasi diterima (sama halnya dengan memasukkan data ke dalam komputer) dan dilanjutkan dengan otak yang dengan cepat menginterpretasikan, mencoba membuat rasa dari indera (proses pengolahan data) dan kemudian menghasilkan arti dari input dengan wujud sebuah interpretasi (akan suatu objek).

Kesimpulan semena-mena saya sih, persepsi jelas tingkatannya jauh di atas opini, yang seringkali tidak berdasar pasti, cuma  kesimpulan semena-mena atas sebuah fenomena, ya mungkin seperti halnya tulisan saya kali ini tentang persepsi *mbulet*

Intinya sih ya kembali sudut pandang akan sebuah masalah, pasti akan beda di tiap personal, apalagi masing-masing orang punya keterbatasan ilmu akan sebuah masalah, bisa jadi apa yang kita kira sangat benar eh ternyata justru teramat salah di mata orang lain.

Dan hal itu teramat wajar, tinggal kita aja lagi mau membuka mata, melebarkan kuping, meluaskan otak untuk bisa melihat dari sudut pandang orang lain, dan memang sering terasa sulit, karena ego adalah raja.

Makanya saya punya persepsi bahwa keripik maicih itu tampaknya memang teramat sangat menggoda, dan selalu berpikiran positif ada yang suatu saat berbaik hati mengirimkannya ke kos-kosan nan sempit.

Semoga sodara pandhu nan jauh di ibukota membaca tulisan tentang jeritan hati nan terjolimi oleh foto-foto bungkusan nan menggoda kemarin hari, ya menurut  persepsi saya itu amatlah menggoda.

:((

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: