Lampu Merah

Jadi teringat akan lampu lalu lintas yang berwarna merah kuning ijo, atau di Jogja dikasih nama bangjo, tapi ini di kampung saya , yang jalannya sempit, yang cuma ngepas buat dua mobil berpapasan dengan nekat.

Dan itu lampu bangjo pertigaan yang baru, maksudnya lampunya yang baru, bukan pertigaannya.  Dulunya di kampung saya ini, yang walopun termasuk kategori kota, ya tetep aja cuma punya satu lampu setopan, hebat sekali memang. Kalo yang lama sih letaknya udah rada tepat, jalannya rada lebar.

Nah kembali ke setopan yang nekat di pasang di pertigaan jalan nan sempit itu, akhirnya bukannya bikin jalan lancar, malah bikin anomali, *eh anomali apaan sih?* ya semacam paradoks, jalanan yang lumayan lancara malah jadi lumayan macet ada lampu merahnya.  Mengherankan bukan ?

Setelah saya amati, ternyata justru saat lampu cuma nyala kedip kedip kuningnya doang, atau dulu pas belum ada lampunya, orang ya bisa aja ngatur kapan terus, kapan setop, kapan ngebiarin mobil nyeberang, kapan ngebut, pokoknya masing-masing bisa nagtur diri sendiri, dan jarang banget terjadi macet, padahal jalannya ya yang itu-itu juga.

Malah dipasang lampu baut ngatur malah jadi ngaco, sungguh aneh.

Mungkin seperti halnya kita ini ya, sebenernya manusia bisa aja ngatur diri sendiri, kapan harus jalan terus, kapan harus berhenti, kapan bisa ngebiarin orang nyeberang, kapan harus nggetok orang hihi.  Dan sering diatur bukannya malah tertib, malah tambah ngaco adanya.

Kesimpulannya adalah, mengatur orang lain kadang tak sesederhana yang terlihat, bahkan dengan alat secanggih apapun.  Lah ngatur diri sendiri aja mumet, apalagi ngatur orang lain.

Demikianlah kesimpulan dari lampu bangjo yang bikin kesel pas siang-siang itu.  Panas euy lama-lama nunggu lampu ijo nyala !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: