kesetaraan dan kuota ?

Tadi sore sempet nonton acara menarik, namanya Sentilan Sentilun, di Metro TV.  Saya kurang tahu topik bahasan utamanya apa, soalnya tidak mengikuti dari awal, yang jelas tadi bintang tamunya adalah Rieke Dyah Pitaloka yang sekilas saya tangkap berbicara tentang kesetaraan dan kuota perempuan di parlemen.

Sungguh sebenernya menurut saya sih, antara masalah kesetaraan dan kuota itu sendiri hal yang bertolak belakang, soalnya kalau benar itu siapapun yang mengatasnamakan kaum wanita sebagai wakil rakyat ngoceh soal kesetaraan ya tak usah lah sampai meminta kuota segala, kasarnya minta jatah kursi, satu hal yang patut digarisbawahi adalah : meminta, sampai tigapuluh persen lagi, sungguh…

kalau benar ingin adanya kesetaraan ya berjuanglah dengan segala upaya yang ada, dengan meningkatkan kualitas apapun yang tidak bikin malu rakyat yang diwakilinya, tak usah berlindung di balik gender dan kuota, ini soal kualitas dan kuantitas, hal yang beda.

Karena pengennya setara, ya berbuatlah supaya terlihat setara, walaupun sampai kapan pun jelas ada beda.  Dimana bedanya ya silakan saja cek sendiri lah.  Maksud saya, kalau dalam posisi legislatif ataupun eksekutif, patokannyatak bisa lagi soal gender, jenis kelamin, ini sudah menyangkut soal kinerja, tentang profesionalisme.  Itu yang harus diperhatikan dan diperlihatkan serta dibuktikan pada masyarakat.

Nah sampai sini ada yang sulit dimengerti? Hloh kalian ngerti ? saya aja jadi bingung sendiri ini jadinya fu fu fu.  Intinya mungkin ya kalau mau fair, dalam bidang apapun, ya tunjukkan saja prestasi terbaik, soal hasilnya biarorang yang menilai, terlepas dari persoalan kesetaraan ataupun kuota ataupun hal yang ga jelas lainnya.

Demikianlah.

Advertisements

One Response to “kesetaraan dan kuota ?”

  1. Asop Says:

    Saya ngerti! Sepakat! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: