berkembang

teringat percakapan kemarin malam dengan seorang teman, yang tampaknya sedikit sebal dengan ketidakpedean saya saat diajak belajar tentang hal yang baru, sebal karena saya selalu berkata tak percaya diri untuk mencoba, yaa mengingat batas kemampuan diri yang rasanya begitu-gitu aja, tak berkembang, istilah diri saya sendiri.

lalu tercetusnya satu kata ajaib dari kawan tersebut. “ya makanya berkembang, ayo dicoba, jangan under estimate, toh kalopun gagal juga ga bakal dihukum juga kok

eh benar juga ya, dan walopun banyak ga nyambungnya, kalimat berkembang itu malah teringat dengan kembang beneran jadinya.

dan ya seperti analogi sebuah eh sekuntum ah atau sepucuk kembang mungkin, atau ya tumbuhan apa saja lah, yang untuk terus hidup dan menampakkan warna dan menyebarkan wanginya, tentu perlu waktu, cahaya matahari, udara, tanah dan tangkai serta tumbuhan tempat dia hidup dengan nyaman.

seperti juga diri yang ingin berkembang, bagusnya ya kalo ingin terus hidup dan bergerak, memang banyak yang harus diperlukan untuk mendukung perjalanan dan keinginan untuk terus menjadi lebih baik, caranya ya kembali seperti salah satu species tumbuhan, Hibiscus rosa-sinensis misalnya, hal-hal khas yang diperlukannya untuk terus berkembang yang tentu beda dengan Bougainvillea glabra, begitu juga dengan diri manusia, yang mesti terus bisamencari apa-apa yang diperlukannya dalam mencapai tujuan hidupnya, terus mengeksplore diri untuk terus dapat bergerak maju ke depan *iya ya kalo maju ya ke depan toh*

jadi intinya, teruslah mencari tahu cara agar diri berkembang *tiba-tiba merasa berubah menjadi tumbuhan* . jangan cepat menyerah kalau misalnya mentok dalam usaha pencarian hal-hal yang mendukung apa yang kita inginkan.

jadi demikianlah, semoga bisa dimengerti, kalopun ga ngerti ya ndak apa-apa, paling tidak saya udah berusaha menuliskannya hehe .

begitulah. dan selamat pagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: