jangan bikin malu diri sendiri

kalo ada yang ngomong ga bisa nulis, ga bisa ngetik, saya ga percaya, sangat ga percaya, buktinya banyak aja yang bikin status-status unik, bercerita tentang keseharian di jejaring sosial semacam fesbuk dan twitter, berbagi info unik, lucu, ajaib, yang lagi nge-hit sampai yang absurd.

lalu alasan apa yang dijadikan tameng untuk semena-mena mengkopi tulisan orang lain lalu mempaste nya dimana suka. orang mungkin diam aja melihat kelakukan gitu, lagian ngapain juga diperhatiin, sekilas aja keliatan kok mana yang bisa menghormati dan menghargai orang lain mana yang tidak.

apalagi tulisan-tulisan yang beredar disini, oh plis deh, sekali lagi, sekedar berbagi cerita sederhana saja masih sih nggak bisa ? bukannya ga bisa sih, cuma saya sendiri kadang ada saat muncul rasa males dan stuck dalam nulis sesuatu.  Saat itu yang bisa dilakukan ya diam sejenak, menghela nafas sejenak, lalu membaca tulisan-tulisan orang lain, belajar dari situ.

dan berbagi toh ga selalu harus pake bahasa yang ribet, pake bahasa yang rumit, lah kita nulis kan supaya pesan yang ingin disampaikan bisa sampai pada yang bersenang hati ngebaca tulisan kita toh.

sekali lagi, kopas tulisan orang lain, apalagi tanpa mencantumkan sumbernya secara tak langsung mengakui punya orang lain sebagai haknya, dan itu sungguh sangat tidak keren.

jadi rasanya tak sulit kok, berbagi cerita sembari terus belajar tentang apapun, paling tidak akan satu hal, belajar menghargai pendapat dan karya orang lain, dan itu hanya akan bisa dilakukan jika dilakukan dengan hati.

dan semua yang ada disini udah gede-gede semua kan ya, masa masalah ginian harus dijelasin panjang kali lebar kali tinggi segala sih.

demikianlah. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: