Sepele Berujung Dendam

Membaca postingan mastein barusan, saya malah tiba-tiba teringat dengan emosi salah seorang teman -saat kelas tiga es empe, saat masih bercelana pendek biru- pada teman yang lainnya.

Saya masih inget, saat itu istirahat siang, menjelang masa-masa ujian kelulusan.  Seorang teman lelaki jongkok di teras kelas, entah lagi ngapain, entah sedang melihat apa.  Lalu dari arah belakang tiba-tiba muncul seorang kawan yang lain, mendekati dia.   Dan tiba-tiba saja entah gimana caranya, di tangan kanannya sudah terhunus sebilah belati, dan tanpa ragu ditusukkan ke pinggang teman yang lagi nongkrong dan tak siap untuk serangan menndadak gitu.

Yang ditusuk ambruk dengan seragam memerah.  Yang nusuk lari menuju gerbang sekolah.  Untungnya ada pak guru deket-deket situ, maklum kelas tkp deket sama kantor guru.  Akhirnya dibopong dan dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan vespa, iya cuma sama vespa, soalnya tak ada seorang guru pun waktu itu yang punya mobil.

Untungnya akhirnya nyawanya terselamatkan, dan yang nusuk akhirnya entah gimana caranya, ditahan.  Yang paling bikin nyesek adalah, mereka ternyata ada kaitan keluarga, masih terhitung saudara sepupu.

Yang bikin miris lagi adalah, pemicu penusukan itu sangat sederhana, sehari sebelumnya mereka berdua ternyata ngadain judi kecil-kecilan, nebak pelat mobil yang lewat di pinggir jalan.  Yang nusuk kalah, diejek, trus tampar-tamparan, hingga berujung di belati.

Usia segitu, ternyata juga mudah sekali membuat keputusan tanpa peduli konsekuensi di depannya, yang penting dendam tuntas. beres.  Apa jangan-jangan memang sudah diperhitungkan bakal gimana-gimananya nanti ?

Entahlah, yang jelas menjaga emosi anak muda supaya stabil itu sepertinya memang menjadi pe er bagi ortu di keluarganya masing-masing, dimana semua baik buruk diajarkan.

Kesimpulannya adalah, cuma mau nanya apa dimanapun pernah kejadian gitu, hanya gara-gara hal sepele, darah yang harus terhambur dengan sia-sia ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: