tentang Teori Fermat

Fermat’s last Theorem itu..

Jika n\geq 3 maka
tidak ada solusi yang memenuhi persamaan
a^n + b^n = c^n

demikian kurang lebih yang saya baca dari wikipedia dan kawan-kawan.
Persamaan yang sekilas tampak simpel, padahal perlu 300 tahun lebih untuk membuktikan teori itu.

Masih banyak teori-teori matematika yang rumit dan sungguh sedikit orang saja yang bisa menikmati saat menelusuri tahasia di balik angka-angka itu.  Dan tampaknya yang measikkan, apapun itu, adalah saat proses menemukan pembuktian sebuah kebenaran sebuah teori.  Setelah itu, ya udah, mungkin sebuah teori usai, lalu beranjak ke pembuktian-pembuktian yang lain.

seperti halnya mas Andrew Wiles yang akhirnya bisa membuktikan teori Fermat di atas, setelah berusaha memecahkannya sejak bertahun-tahun, toh pada ujungnya dia berkata “I’ll stop there”.

Mungkin demikian halnya manusia yang terus penasaran akan teori-teori dalam kehidupan, mungkin nantipada suatu saat terbuktikan, dan nyata di depannya, baru akan percaya dan berhenti mempermasalahkan apa yang sebelumnya diyakininya atau tidak.

Saya tetap yakin kalau satu teori untuk satu masalah seharusnya adalah absolut, tak terbantahkan, cuma manusia -sekali lagi- sangat sempit sudut pandangnya.  Dan memang sudah ‘dari sananya’ diberi ilmu yang sangat terbatas dalam mengurai fenomena atas kejadian yang dialaminya semasa hidup di dunia.

Ya, ada akhirnya kita suatu saat akan berkata ‘ternyata memang demikian adanya ya’ atas sebuah rahasia alam yang sebelumnya belum diketahui. Dan sesudah mengetahuinya apa yang akan dikatakan ?  Itu lain soal, bisa jadi tetap diam dan menikmati sendiri ‘temuannya’, atua menyampaikan kebenaran yang didapatnya pada orang lain, atau malah mengatakan yang sebaliknya ada orang lain karena yang diyakininya sebelumnya bertentangan dengan fakta nyata yang dia temukan.

*demikianlah tulisan mbulet di pagi sabtu nan cerah dan libur ini*

 

Advertisements

One Response to “tentang Teori Fermat”

  1. khrad Says:

    asiik oi teori fermat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: