Dongeng Tukang Kayu

Jadi cerita ini saya dapet tadi pagi di sebuah majalah di suatu tempat, kayaknya bagus juag untuk diceritakan ulang, jadi bagi yang udah pernah baca ceritanya harap maklum, apalagi sedikit dimodif disana sini, yaa maklumlah… *dilempar asbak, ini kapan mulai ceritanyaa*

Jadi ceritanya bermula saat seorang pencari kayu bermaksud mencari kayu *ya iyalah, masa nyari musuh* kedalam hutan, dari rumahnya ke hutan lumayan jauh, melewati sebuah sungai dengan titian yang terbuat dari bambu dan lilitan rotan.  Nah, saat melangkah di atasnya, eh kapaknya jatuh, nyemplung dengan sukses.

Itu pencari kayu, bingung, sedih, tapi mau nangis malu, akhirnya merataplah di atas sungai..
“Ohh, malang nian nasib awak, piyee carane awak nebang kayu kalo kapaknya jatuh ke sungai, ada yang bisa membatu mungkin ? ..”
Eh, tiba-tiba aja ada yang nyahut..
“Anda perlu bantuan ? Fifty-fifty ? Call a friend, atau ask the audience ?”
“Ask the audience aja deh, soalnya friend awak indak punyo telepon, tapi ebuset siapa dimana lu, eh siapa itu yg ngomong maksudnya?”
Baru nyadar kalo ada suara ga ada orang, bikin gemeteran saja deh.

“Huihihih, saya dong, kenalkeun, jin penunggu sungai..”
“Oh jin.. ya udah, awak kabur dulu yaa..”
Bersiap-siap kabur..sementara celana mulai terasa basah, nakutin jeh..
“Eits, tunggu dulu bro.  Mau gue tulung ga nih ?”
“Eh beneran nih, om ?”
“Ebuset, tau darimana gue ini jin laki-laki..?”
Nadanya heran gitu si yang ngaku-ngaku sebagai jin.

“Yaeyalah ketauan, nada suaranya bariton fals gitu, bos..”
“Gile lu ye, berani-beraninye ngejek suara gue, gue sulap jadi kodok, nyaho lo..”
“Ampun atuh jin, awak kan takut, jadi ga fokus ngomongnya, awak yakin kok,kalo empunya suaranya ganteng kayak Justin Bibir..”
“Hihihih situ tau aje gue ganteng, ya udeh deh, gue tulung bantuin nyari kapak lu, ntar gue cari dulu di dalam sungai..”
Lalu ga ad suara lagi, hanya suara kecipak-kecipuk di dasar sungai, tak lama kemudian, perlahan-lahan nongol sebuah kapak dari dasar sungai..
“Nahh, ini kan kapal lu, pak tukang kapak ?”
“Ehh bukan lah pak skipapak preman preman, eh maksud awak, bukaan, itu kebagusan, awak tak punyo itu kapak berbahan baku ferrum segitu bagus ?”
“Ferrum ? apaan tuh ?”
“Itu noh, emas, om jin.. itu bukan kapan awak..”
“Jadi, bukan yang ini ?”
“Bukaan…”
“Yakin nih ?”
“Iyaa, ah om jin rewel beud deh ih..”

“Ya udah, gue cariin lagi ya..”
Kecipak-kecipak lagi di sungai, dan ga lama muncul lagi sebuah kapak berwarna keperakan, silau men..

“Nahh, kapak yang ini kan punya lu ?”
“Halagh, masih kebagusan om jin, bukan yang itu ?”
“Yakin ?”
“Iya dong, masa saya ga kenal kapak sendiri?”
“Jadi bukan,, nih ?”
“Sekali lagi nanya, awak pecat kau jadi jin..”
“Eh awas ya ngomong sembaranganh..”
“EMaap atuh jin, abisnya situ riwil…”
“Ya udah, gue nyelem lagi deh,..”

Kecipak-kecipak yang ketigakali, dan kali ini muncul sebuah kapak dari besi yang udah butut dan rada karatan.

“Nahh, kalo yang itu, baru bener, ini kapak awak..”
“Yang ini ? Yang jelek gini ?”
“Ga usah nyela napa om jin ?”
“Iya deh, gue minta maap, abisnya butut gitu masih dipake aja..”
“Eh jangan salah, ini kapak dambaan para tukang kayu seluruh negeri ini, om..”
“Beuh, tukang kayu lebay..”
“Biarin, beidewei, makasih banyak nih om.. Etapi sebenernya kenapa sih mau-maunya bela-belain banntuin awak nyari kapak?”
“Abisnya tadi lu ikhlas muji gue ganteng, jarang-jarang ada yang muji, padahal liat wajah gue aja nggak.  Boro-boro liat, denger suara gue aja langsung pingsan seminggu..”
“Err.. kalo gitu makasih deh, dan biar aja deh awak cuma denger suaranya aja, ga usah pake liat mukanya om, daripada awak ntar pingsan..”
“WOgh di tulung, malah menghina kau ya..” Esmosi suaranya jin.
“Maksud awak, ntar awak pingsan kage melihat ketampanan om jin gitu..”
“Ealaghh, elu bisa aja deh pak tukang kapak, yaudah, karena udah muji gue dobel, gue kasih sesuatu deh..”
“Ngasih apaan om ?
“Nih, kapak emas dan kapak perak yang tadi, ambil buat elu, itu juga itung-itung gue seneng ketemu tukang kapan yang jujurnya minta ampun..”

Kali ini tak mikir lama, tukang kayu itu langsung pingsan.  Kaget aja dapet kapak emas dan perak, coba aja itu berapa kilo beratnya, apalagi konon harga emas lagi naik di pasaran *halagh*.

Tinggal jin yang tepok jidat, *eh kok tau lagi tepok jidat ya, kan ceritianya ga keliatan jinnya ? Ya terserah yang bikin cerita dong ah* hihi

..

Akhirnya akibat suka muji dan jujur, itu tukang kayu pensiun dari kerjaannya nyari kayu.  Udah kaya sih.  kapak emas dan perak dijual, trus beli sawah dan kebun yang luas, jadi bos petani akhirnya beliau.

Tapi cerita belum berakhir, suatu saat timbul niat si mantan tukang kayu itu untuk jalan-jalan menuju hutan, melintasi sungai tempat kenalan sekaligus nostalgila kerjaan lama, kali ini plus ngajak isterinya.

Kali ini nasib ga bagus lagi, saat melintas di atas sungai itu, giliran sang isteri yang jatuh, lenyaplah di sungai.  Nangis deh si bos petani.  Eh ada suara lagi terdengar..

“Eh, perasaan gue kenal suara tangis ini, elu yang dulu kapaknya ilang itu kan ?”
“Eh, om jin, masih ada disini toh..” Sambil sesenggukan..
“Iya, gue masih disini,  Elu sombong ya, denger-denger udah kaya, lupa deh nengok kesini..”
“Maaf atuh om jin, soalnya banyak yang diurus sekarang, dan makasih ya, sekarang gara-gara om jin, jadi banyak bisa bantu-bantu orang lain..”
“Iya, ngga apa-apa. lah tadi kenapa itu pake nangis?”
“Ada yang jatuh lagi..”
“Ebuset, masa tiap kali liwat sungai, ada aja yang dijatuhin, hobi lu ga beres ah..”
“Ga sengaja kali om jin..”  Nadanya terderngar sebal..

“Hihihi iya deh, kali iniapa yang jatuh ?”
“Istri awak, om”
“Onde mandeeee, makjaan, istri sendiri elu jatuhin? sungguh therlhalhu..”
“Ga sengaja, dudul..”
“Hihihi ya udah, tanpa banyak omong gue bantu cariin bentar deh..”

Ga lama perlahan-lahan muncul sesosok wanita dari sungai..  Sosok cantik yang perlhan-lahan diinget oleh mantan tukang kapak itu sebagai seorang Dian Sastrowardoyo
“Itu kan istrimu ?” 
“Eh, om jin kok tau ??”  Sahutnya girang..
“Nah, no no no no no and no.  Kali ini kau tak jujur, jelas-jelas ini adalah Distro. Beh giliran wanita cakep aja, pake ngaku-ngaku.  Ternyata elu ga jujur kayak dulu lagi, eikeh bencih, bencihh…”
“Eits. ntar dulu om jin.. Kali ini awak terpaksa bohong..”
“Eh, kepaksa ? Kok gitu ?”
“Ok kali ini Distro, wanita kedua yang nongol jangan-jangan ntar Asmirandah, atau Nikita Willy yang tertukar *eh.  Skenarionya kan pas yang ketiga baru istri asli awak muncul..”
“Lalu ? gimana kelanjutan sinetronnya ? *eh maaf, maksud gue, lalu kenapa oh kenapa ?”
“Gni om jin.  Kalo awak jujur, ujung-ujungnya ntar tiga-tiganya dikasih ke awak.  Enak sih bakal punya bini tiga *eh.  Maksud awak, awak ga mau, awak tetep setia dengan istri awak deh..”

Krik krik krik.. sepi..

“Om jin, oomm where are you ? Kok sepi ..”
“Gue terharu aja, ada aja lelaki sesetia elu, hiks hiks”
“Sebenernya ada alesan lain sih..”
“Hoh, apa itu ?”
“Nganu, biaya hidup artis kan pasti tinggi tuh, ga kebayang kalo ntar ngikutin gaya hidupnya Distro, Asmirandah, atau Nikita, belum lagi ntar berantem, ribet ah..”
“Hedeh, dasar mantan tukang kayu aneh.  Ya udah gue balikin lagi deh bini elu nih.. Sisanya yang lu tolak buat gue aja deh ye..”
“Dasar jin dudul..”

Nah, demikian dongeng singkat sore ini yaa, selamat soree ^^

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: