Amilia Agustin namanya

amilia

Amilia Agustin namanya, cewek kelas VIII SMP 11 Bandung.  Saya baru baca profilnya hari ini di koran Tempo terbitan minggu.  Judul tulisan tentang dirinya adalah Cerewet Sampah.

Cewek ini sungguh luar biasa, gara-gara tak enak hati saat awal masuk sekolahnya yang dulu konon terkenal dengan sekolah terkotor itu, maka dia dan kawan-kawannya, dibantu dengan seorang guru, tergerak untuk membuat semacam gerakan bersih-bersih sampah, gerakan utamanya jelas yaitu berusaha melarang membuang sampah sembarangan serta meminimalisir penggunaan plastik.

Hasilnya sekarang, sekolahnya malah menjadi sekolah yang bersih dan hijau, selain itu cewek ini juga sukses menggerakkan bu-ibu di sekitar lingkungannya untuk membuat barang kerajinan dari hasil recycle sampah.  Akhirnya ya wajar dong kalau dia sudah mendapatkan penghargaan dari Satu Indonesia Award yang dibelikan mesin jahit dan sepeda untuk perpustakaan keliling.

Ah, lagi-lagi, sebuah sosok yang berhasil membuat saya malu euy.  Semuda itu sudah membuat prestasi yang luar biasa, tidak hanya bagi dirinya, tapi juga berbuat sesuatu bagi orang lain.

Yang jelas, tindakannya yang langsung tergerak melihat sesuatu yang dirasa tak nyaman.  Seringkali saya aja, jikalau merasa tak nyaman dengan sesuatu, terlalu banyak mikir hingga akhirnya bergerak pun tidak, ujung-ujungnya karena tak bergerak ya tak akan terjadi apa-apa.

Sesuatu yang dimulai dengan hal-hal yang kecil, niat yang baik dan tekat yang kuat, saya yakin akan selalu menghasilkan sesuatu yang keren, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Jadi tak sekedar riwil jika melihat sesuatu yang dirasa tak nyaman di hati, namun tak berbuat apa-apa, atau malah gondok tak jelas dan menyalahkan sana sini.  Daripada gitu, mending berbuat sesuatu yang berguna bagi orang lain kan ya ?

.

*tulisan lengkap tentang profil Amilia dan foto di atas, diambil dari situs koran Tempo ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: