Kemarin saya lewat satu jalan kecil

Kemarin saya lewat satu jalan kecil, sudah kecil sempit pula.  Nah sudah sempit, ada pula truk yang numpuk batu-batu gunung di tengah jalan.  Jalan yang cuma bisa dilewati satu mobil itu pun menghambat jalan sementara menurunkan muatannya.  Motor saya pun terpaksa bersabar dulu sementara. 

Saya pun sedikit kesal dong.   Mikir ini truk apa ga mikir menghalangi jalan, trus juga kenapa musti numpuk batu di tengah jalan gitu.  Dan beberapa pertanyaan kenapa yang belum ada jawabannya.

Akhirnya bongkar muat batu kelar, untung ada sedikit bagian jalan yang masih bisa di lewati motor, maka kembali melanjutkan perjalanan lah saya.

Nah, pas kembali pulang, saya kembali melewati jalan itu lagi.  Pikiran sudah agak tenang, tak sekesal pada saat awal berangkat, mungkin akibat terburu-buru juga ya.

Saat melewati tumpukan batu gunung tadi, saya baru melihat fakta baru.  Bahwa ternyata memang tak ada pagi space di sekitar jalan itu untuk menumpuk batu-batu itu.

Lalul truk memang cuma bisa jalan dan numpuk di sekitar situ, ga bisa lewat jalan lain, dan saya melihat juga, jumlah batu-batu itu sepertinya sudah dirapikan, jadi tak terlalu memenuhi jalan.

Saya pun mikir, bahwa sebenarnya saya juga tidak harus menunggu truk berlalu bongkar muat, karena ada jalan alternatif lain menuju tujuan saya selain jalan itu.

Nilai moral yang bisa saya ambil adalah, sudut pandang yang berbeda memang akan menghasilkan hasil pemikiran yang berbeda pula.  Juga seharusnya tak buru-buru mengambil kesimpulan dalam setiap kejadian, musti sedikit lebih mengasah sabar juga ya.

Demikian.

Leave a Reply

