Berbagi Buku, yuk !

Menurut wikipedia disana, Social movements are a type of group action. They are large informal groupings of individuals and/or organizations focused on specific political or social issues, in other words, on carrying out, resisting or undoing a social change.

Artinya kira-kira, ada sesuatu gerakan yang dikerjakan bersama-sama dengan satu fokus, yaitu pada perubahan sosial.  Jangan tanya lebih lanjut tentang hal terakhir itu, saya juga masih belajar banyak tentang itu *ngeles*

Salah satu gerakan yang fenomenal, karena digerakkan oleh kaum ibu-ibu, adalah kejadian pada tanggal 26 Maret 1974 di India, yang lebih terkenal dengan sebutan Chipko Movements.  Dimana pada hari itu, wanit-wanita yang kesal karena penebangan pohon yang terus menerus, hingga salah satunya selain kerusakan lingkungan yang parah, juga berakibat buruk pada sumber mata air yang dipergunakan sehari-hari.

Akhirnya pada ibu-ibu itu, memeluk pohon-pohon yang akan ditebang, sebagai bentuk protes eksploitasi yang semena-mena.  Gerakan protes yang mungkin terlihat sederhana itu nyatanya berhasil.

Sebuah gerakan untuk kebaikan, tentu baiknya didukung.  Kalau tak bisa berpartisipasi langsung, minimal menyebarluaskannya pada siapapun yang mau terlibat.

Terkait dengan soal gerakan tersebut, maka tak ada salahnya ikut melihat Gerakan seribu buku yang sebenarnya sudah lama dijalankan oleh komunitas anak BHI.  Intinya berbagi buku, yang bekas ataupun, lebih bagus lagi berbagi buku baru, bagi mereka yang tidak seberuntung kita bisa membeli dan menikmati luasnya dunia lewat buku.

Sekarang, gerakan itu ditambah pula dengan seribu kaos, dan oh ya, tentu saja angka seribu itu bukanlah secara harfiah, tapi lebih merujuk pada seberapa banyak kita mau berbagi dengan siapapun.  Banyak dalam artian partisipan maupun sesuatu yang bisa kita bagi.

Jadinya, apabila hari ini, kalian ada mempunyai buku ataupun kaos bekas, silakan berbagi, lebih keren lagi tentu, bisa memberi kaos atau buku yang masih baru.  Sesekali tak mengapa toh.  Info lebih lengkap mungkin bisa langsung berkunjung ke situs Gerakan 100 buku + kaos disitu.

Untuk daerah Jogja dan sekitarnya, rencananya ini malam dan rabu malam, ada drop point untuk ngumpulin apa yang bisa kiat bagikan bagi mereka yang memerlukan.  Detil rencananya bisa dilihat dipostingan Chiil a.k.a matilda atau mamat alias Primadona Ngerumpi di blognya disitu, silakan dicek.

Jadi, ya saya rasa, berbagi itu keren.
Ayo bergabung !

Advertisements

One Response to “Berbagi Buku, yuk !”

  1. venus Says:

    mari, boeng! kita doekoeng bersama, boeng! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: