13 lelaki pengguncang dunia

 

Sebenarnya rada berat juga nulis tentang hal ini, masa lelaki nulis tentang lelaki, seperti jeruk memakan purut saja *halah*  Sedikit geli dan bikin mual, terkadang *becanda oi*.  Mereka yang akan saya ceritakan adalah sosok-sosok hebat.

Jadi wahai wanita di sekujur ngerumpi dan sekitarnya, ketahuilah, bahwa ada beberapa sosok lelaki yang harus kalian perhatikan dan waspadai, mungkin sosok mereka bisa mewakili dan mencirikan stereotipe lelaki di dunia nyata yang kejam adanya itu.  Dan sangat teramat mungkinmereka dijadikan panutan, atau bahkan idola para wanita dengan sedemikian rupa. Baiklah, apakah kalian siap menerima kenyataan ini, mari kita cermati satu demi satu.

Lelaki pertama.
Ini adalah jenis lelaki yang suka bersembunyi di balik kepura-puraanya, bisa saja dia mengaku serba tidak tahu akan sesuatu, padahal jika kau tahu luas pengetahuannya, beuh saya aja minder tujuh keliling lapangan bola.  Terkesan sangat tidak serius, bahkan tak pernah terlihat serius, padahal nyatanyadi alam nyata, detil suatu masalah pun jelas  mudah dihapalnya. 
Ini juga adalah lelaki yang sangat terikat kuat dengan musik, dan segala aliran musik silakan saja debat dengannya, sampai subuh pun mungkin kau akan diladeninya. 
Jadi jangan percaya apa yang kau lihat dari sekilas pandang dan seputar info singkat dengan dirinya, terlalu merendah dan merunduk, bagaikan rumput brachiaria decumbens, walau sebenarnya ada sisi fakta sebenarnya, bahwa sungguh lelaki ini adalah pemuda berkualiti.

Lelaki kedua.
Sesepuh, nah ini julukan yang tepat buat beliau, sosok yang jarang tampil ke permukaan, tapi sekali muncul selalu bisa menyejukkan keadaan, dengan petuah bijak dan mungkin sangat singkat.  Pengalaman hidup beliau, yang memungkinkannya begitu, jadi tanya saja soal kehidupan dan sekitarnya, maka jawaban yang sejuk mungkin yang bakal kau dapatkan.
Sering tulisannya begitu runtut, dan disertai fakta serta rujukan yang jelas, sehingga walaupun kadang sulit membaca alur pikirannya, tapi paling tidak bisa kita bisa menyimpulkan apa sebenarnya yang dia ceritakan, sosok demikian tentu sangatlah rendah hati dan teramat jarang pula mau mengekspose diri, baik tentang dirinya maupun tentang semua kelebihan-kelebihannya, sangat tersirat semuanya, bisa-bisa kau saja memaknainya.
Mungkin bisa tanyakan pada beliau cara bijaksana memaknai hidup, tanyakan saja.

Lelaki ketiga.
Kuat memegang prinsip, itu yang tergambar jika menggambarkan tentangnya, dunianya bisa saja kau bilang keras, juga sangat tertarik dengan segala hal yang berbau kekerasan, karena lelaki memang harus keras *eh.  Tapi anehnya, justru karena sering bersentuhan dengan dunia persilatan itulah, maka dia bisa sedemikian memaknai arti kelembutan, menghargai sosok wanita dalam artian sebenarnya.  Ibarat yin dan yang, imbang dan simetris.
Penempatan diri dan pemilihan kata yang sangat situasional, jikalau kau bercanda maka dengan ringannya dia membalas rusuh, tapi jikalau serius dan menyentuh sisi prinsipilnya, maka juga siap pula mendamaikan masalah dengan caranya sendiri, mungkin membuat orang bisa damai di alam sana, who knows.  Yang jelas belajarlah filosofi hidup darinya suatu saat.

Lelaki keempat.
Sosok yang terkesan misterius tapi sangat rusuh ini, bisa dijumpai dimana-mana, dengan ciri khasnya, akrab dengan siapapun, tapi juga terkesan tak ingin dikenal oleh siapapun.  Dua ciri yang sangat bertolak belakang, di satu sisi ingin dikenal disana sini, di sisi lainnya ingin meyendiri dan bersembunyi dari identitasnya. 
Memandang satu masalah pun, punya pertimbangan sendiri, punya pola pikir sendiri, punya sikap dan tidak mudah terpengaruh pendapat orang lain, tegas namun tetap berhati-hati.

Lelaki kelima.
Ini adalah tipe lelaki yang tidak begitu suka banyak kata dan uraian kalimat, jarang uraiannya disampaikan dengan beruraikan huruf-huruf.  Media lain lebih praktis baginya, detil sekeliling bisa digambarkannya dalam satu lembar penuh warna, dan itupun cukup sudah membuatmu terpingkat dan tertawa.
Kadar humornya begitu berlebih, bahkan hal yang sebenarnya serius pun, bisa dibuat ringan tak bikin sakit kepala.
Tampaknya untuk mengungkapkan rasa tanpa perlu banyak kata, perlu belajar banyak darinya.

Lelaki keenam
Entah nyatanya siapakah dia, dan apa kesehariannya, yang jelas bisa begitu mudah menceritakan tentang bagian dari dunia dengan begitu terincinya, mengalir begitu saja.  Tak salah jika banyak wanita yang menjadikannya idola, ya paling tidak tulisannya.
Mau berkisah apa, tentang sisi lain wanita ataupun tentang cinta, dialah ahlinya.

Lelaki ketujuh
Ini adalah sosok pemuda harapan bangsa, sosok yang baru lepas dari dunia penuh teori dan bersiap menghadapi tantangan di dunia nyata *buset serius sekali kalimat saya* .  Bermacam rejeki seakan selalu berebut mengelilinginya,  dan mungkin dambaan plus mimpi para mahasiswa di negeri ini, bayangkan saja, enteng belajarnya, kuliah tepat waktu, baru lulus langsung saja membaktikan dirinya pula, sudah begitu bersiap didampingi seorang wanita pula.  Sungguh surga dunia tampaknya.  Apalagi ramah pada sesama, rajin menolong dan giat menabung,lengkap sudah.

Lelaki ke delapan.
Sosok seniman kata-kata, mungkin itulah dia, pelopor tulisan bertabur metafora.  Melukis langit dengan mimpi dan indahnya kata-kata, dengan mudah membuat benakmu bertualang ke dunia yang tanpa batas, membawa otak bertualang ke sisi lain dunia.

Lelaki kesembilan.
Perencana, itulah judul yang pantas disematkan pada beliau, urusan pengelolaan keuangan, kau musti berguru banyak padanya, terlebih bagi yang sudah berumahtangga, karena walaupun bukan hal yang utama, tentunya persoalan manajemen keuangan keluarga yang tidak proporsional sangat sering menjadi faktor utama pemicu kedisharmonisan sebuah rumahtangga.
Tentu tak ada salahnya, bagi yang masih lajang untuk mempelajari sebuah sistematika darinya, karena tentunya harus siap dalam merencanakan masa kini apalagi untuk masa depan, bukan begitu ?

Lelaki kesepuluh
Adalah tipe pekerja keras, sekaligus bisa tahu caranya bersenang-senang, tempatnya di dunia nyata boleh tak terlihat di peta, tapi tenang saja dia selalu berkelana meninggalkan jejak dimana-mana di alam maya, terkadang juga bertemu muka dengan siapa saja tanpa jeda.  Walaupun terkesan selalu berusaha mengeluarkan aura lucu, tapi sebenarnya dia itu sepertinya memang senang hal-hal yang lucu, walaupun tak lucu bisa terasa lucu.  Tampaknya lelaki model begini juga berpotensi menjadi penakluk wanita yang berbahaya, walaupun empunya diri seperti tidak tahu, atau pura-pura tak tahu. Entahlah. Yang patut bercermin padanya adalah, bahwa dia bisa menempetkan diri, sebagai seorang bawahan dari atasannya, sebagai rekan kerja, maupun sebagai teman dari siapa saja, menyenangkan bukan ?

Lelaki kesebelas.
Lelaki muda pencinta keluarga, mungkin demikian hal singkat yang bsia diketahui tentangnya, juga hangat menyambutmu di depan pintu rumahnya, jikalau saja kau mau berkunjung sewaktu-waktu. Dan rupanya juga punya bakat melucu yang terpendam, walaupun terkesan sangat malu-malu, mungkin tipe lelaki yang senang bergaul dengan siapa saja juga, tapi jugasangat mengutamakan istri dan anak semata wayangnya.

Lelaki keduabelas.
Seniman dalam arti nyata, demikianlah menggambarkannya.  Seni adalah nafas hidupnya, jiwanya di letakannya di sana rupanya.  Tapi berbincanglah dengannya, tentang apa saja, niscaya duniamu akan terbuka luas, seluas apa yang diketahuinya tentang seluk beluk dunia.  Sisi lain dari seniman tentunya, apalagi kalau tak bisa lepas dari sesuatu yang bernama cinta ?

Lelaki ketigabelas.
Pengusaha, penikmat kata-kata, pekerja yang suka merendah dan sering mengaku tak bisa apa-apa. Tapi sungguh belajarlah padanya tentang wirausaha, atau tentang dunia kerja yang digelutinya dengan sepenuh rasa.  Dan kalau bercerita begitu  udah dicerna, topik apapun dikupasnya, terkesan ringan tapi dalam, jangan tanya saya sedalam apa.

Ada tiga belas dari mereka, sangat berbeda-beda, Kesamaan dari dari mereka, mungkin cuma satu hal, bahwa mereka sama-sama penghuni rumah ngerumpi ini, mungkin jarang muncul ke permukaan, tapi begitu hadir, selalu ada hal yang menari.

Sengaja saya tak kasih tahu siapa saja mereka, biar ada yang menebaknya.
Oh ya, kemarin saya pas jalan-jalan, nemu buku bagus, empat buku juara lomba mengarang novel remaja kerjasama Grasindo dan Radio Nederland Wereldomroep tahun 2005, isinya menarik sekali.

Kalau ada yang bisa menjawab tepat dan persis ketigabelas lelaki yang saya gambarkan di atas itu, ke empat buku itu akan menjadi miliknya, kalau tak ada satupun yang bisa menjawab persis, saya bagi dua aja deh, untuk dua penjawab yang paling mendekati tepat.

Silakan aja bagi yang rajin ataupun iseng mau menebak, kirim jawabannya ke email saya di warmorning@gmail.com.
ditunggu sampai besok yaaa

😀

 

Advertisements

3 Responses to “13 lelaki pengguncang dunia”

  1. Asop Says:

    Kok saya gak ngerasain guncangannya ya..? 😀

  2. Buble Says:

    Om warm… Saya mau tau jawabannya..
    Ngermpi.com lagi error ya, jadi ga bisa baca disitu.. :((

  3. Knosre Says:

    sya sangat setuju dengan tulisan di atas, hidup ini terlalu singkat buat di sia sia kan, jadi tulisan tersebut telah mengajari saya bagaimana untuk kembali ke jalan sesunguhnya. buat siapapun yang berjuang membuat tulisan diatas, saya sangat menghargai dan semoga lebih menginspirasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: