Teori Opini

“.. bahwa cabai kecil yang kita makan akan terasa pedas daripada gambar satu bakul cabai di papan tulis..”
PidiBaiq, AL Asbun, hal. 126

Sebari kalimat itu mengingatkan pada betapa saya sering iseng memberi komentar pada tulisan yang suka sekali berteori ini itu tentang sesuatu.

Dan saya juga seringkali bilang, bahwa berteori itu bagus, berpendapat itu keren, beropini itu tidak apa-apa.  Tapi, tentu karena kita mengungkapkan apa yang ada di otak, berharap orang lain mengerti apa yang kita sampaikan.  Maka dari itu, sewajarnyalah kita juga mustinya sadar dan menghargai apapun pendapat orang akan pendapat kita.

Satu objek, di satu kepala, pasti beda penggambarannya di banding kepala-kepala yang lain.  Jelas karena tiap manusia adalah pribadi yang unik, tiada duanya.

Kemudian, tentu lagi, lebih bagus pula kita mendengar pendapat orang yang jelas pernah atau sudah mengalami apa-apa yang kita bikin opini.

Misalnyaaaa.
Yang paling sering disini sih nulis soal pernikahan.
Terserah mau ngomong apa, mau berteori apapun, mau meyakini apapun.
Tapi tentunya, pengalaman seseorang soal hal itu, bisa dijadikan perbandingan, karena satu peristiwa pada satu orang akan berbeda hasilnya jika terjadi pada orang lainnya.

Apalagi, sekali lagi, cuma teori doang.
Udah gitu keukeuh eh berkeras, ga mau nerima atau ga mau ngedenger pendapat dan pengalaman orang lain.  Ya aneh saja.  Soalnya sebuah tulisan saja, sesederhana apapun, pasti menarik untuk dikomentari, apalagi jika rada menggelitik untuk didebat.

Toh, sekali lagi.
teori ga bisa dikatakan sebuah teori tanpa pembuktian dengan tingkat kesahihan yang bisa dipertanggungjawaban, melalui uji statistik, uji kelayakan dan ujian tertulis *halah ngaco*

Kalo ngomong tentang sesuatu tanpa dasar yang jelas, itu tak lebih suatu opini, tak kurang tak lebih.  Sangat lemah dan harus menerima kenyataan disana sini.

Overall, nulis apapun, sekali lagi harus dengan hati, dan musti bisa menerima apapun komentar orang lain denganhati pula.

Demikianlah,
sekian dan terimakasih
šŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: