Membujuk

Kadang bagian yang agak ribet dalam meminta anak melakukan sesuatu adalah saat membujuknya.  Membujuknya melakukan sesuatu perlu teknik tersendiri.

Baik itu membujuknya agar mau makan, mau mandi atau kalo udah gede, ngebujuknya agar mau belajar.  Namanya anak-anak, kadang sikap penolakannya itu karena hal simpel, yaitu cari perhatian, agar diperhatikan, agar bisa russuh-rusuhan, guling-gulingan.

Cara terbaik membujuk sang anak, adalah dengan cara mengalihkan perhatiannya, ke hal-hal yang dia sukai.  Cara ini yang sepertinya paling efektif untuk membujuk anak-anak yang berusaha ‘membelot’.

Seperti pagi itu, saat si bungsu dalam keluarga kecil di satu sudut kota itu, yang berulah tak mau mandi pagi.  Eh, si ibunya yang cantik jelita bisa saja mencari jalan keluar.  Si anak mandi dengan cara duduk di atas kursi kecil, tempat biasanya ia duduk.  Di dalam kamar mandi tentu.  Ceritanya lagi main-main di salon, maklum beberapa waktu yang lalu si kecil yang juga jelita itu, entah kenapa minta potong rambut di salon.

Jadi begitulah, mandi sambil main-main. Sungguh menyenangkan.

Sudah berhasil memandikan si bungsu dengan sukses ceria.  Giliran ngebujuk kakaknya untuk mandi, tentu dengan cara yang berbeda.  Tapi ternyata, perundingan dalam hal main air di kamar mandi kali ini sungguh alot, dibujuk supaya main air mancur dengan selang, gagal.  Diminta berekspresi dan berimprovisasi semaunya di kamar mandi, juga gagal.  Biasanya kakaknya yang lelaki itu, sok dewasa saja, ga mau diliat saat mandi sendiri.  Tapi rupanya harus menunggu waktu, sampai mediasi membuahkan hasil. 😀

Eh, tak lama, si bapak, ikut-ikutan nimbrung.
“Abang ga di bujuk supaya mandi juga, nih.  Sudah siap dimandiin juga lhoo” Sambil kedal kedip menjengkelkan.

Sang ibu, melemparkan sabun dan sikat gigi dengan gagah perkasa.
Si bapak, ngibrit..

:))

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: