Masakan

Pagi yang cerah, berdiri saja berdua di depan teras rumah, di bawah pohon jeruk bali.  sedikit berkeringat, abis berjalan-jalan keliling kampung.  Menanti seseorang tampaknya,, pandangan mereka sesekali melirik ke arah utara, ke mulut komplek perumahan itu.

Lima menit berselang, yang ditunggu pun tiba.  Seorang pedagang sayur langganan, yang rajin tiap pagi lewat situ, menjajakan dagangannya yang bertumpuk-tumpuk ceria di atas rak berbentuk huruf U besar yang terbalik dan yang tersampir di boncengan motornya.

Si wanita memilih-milih bahan untuk disayur, juga lauknya tentu.
Si lelaki malah asik ngemil tape singkong di tangan kanan, dan kerupuk di tangan kiri, sambil sesekali iseng nanya-nanya harga.

Tak lama malah usul masakan pada si wanita.

“Neng, ini hari masak tahu pake toge trus dicampur bawang putih dan kubis, masak bening aja gitu..”

“Ih, apa enaknya, tak berwarna gitu, masa ga masak yang hijau-hijau macam gini nih” Sambil nyodorin daun bayam, singkong, sawi dan kangkung.

“Udah tenang aja, abang yang masakin deh..”  Sahutnya sambilmenepuk dada, tak lama malah terbatuk-batuk.

“Eh, beneran, bang ?  Tadi waktu jalan kesambet jin koki jangan-jangan..” Menatap lelakinya curiga.

“Iya, tenang aja..” Sahutnya lagi, pasti.  Sambil ngremus brokoli.

“Kenapa atuh, masak sayur aneh gitu.  Emang enak ?” Tanya si wanita tak percaya, menyangsikan.

“Ya itung-itung supaya kau tau.  Kalo masakan tak berwarna pun rasanya enak dan sengaja milih bahannya yang berwarna putih semua.  Seperti putihnya cintaku padamu gitu lhoh..”

si wanita mencibir, langsung loncat ke motor tukang sayur, ngebut keluar komplek sambil nebar-nebar bawang putih..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: