Tradisi Cabut Gigi

Nah, sudah hari minggu, dan sudah pagi, semoga disana dan dimana-mana segar dan cerah ceria ya.

Kali ini saya mau berbagi cerita soal kebiasaan nyabut gigi di kampung saya, dulu.
Paling nggak tradisi ini, eh ntar tradisi apa nggak ya ?  Tapi kayaknya dulu biasa saja nyabut gigi dengan cara yang diajarkan saya.

Jadi ceritanya, semua gigi susu saya, kecuali satu, dulu dicabut dengan cara yang sederhana, gak pake ke dokter atau ke perawat gigi atau ke puskesmas.

Caranya sederhana dan gampang.
Yaitu cabut sendiri pake tangan sendiri.
Kecuali satu itu, yang paling depan, dicabutin sama nenek saya, ya pakai tangan beliau.  Soalnya gemes liat saya ga berani-berani nyabut gigi sendiri.

Habis itu, ya udah, kalo udah ngerasa gigi susu goyang, maka saya pun ke belakang rumah.  Deket-deket air, nyiapin air buat kumu-kumur.  Lalu memulai prosesi goyang-goyang gigi, abis itu, ctak, dicabut aja pas keberanian sudah encapai puncaknya.

Memang perlu sedikit nyali, sih.
Tapi alhamdulillah ga ada infeksi ataupun iritasi. Yang jelas habis gigi dicabut ya musti kumur-kumur.  Karena pasti ada darah di bekas gigi yang dicabut.  Udah itu ya beres.

Oh ya, ritual terakhir abis itu adalah, melempar gigi ke atas atap. 
Karena dulu dikasih tau gitu, biar giginya rapi hehehehe

Ada yang pernah nyoba cabut gigi cara saya gitu juga ?

😀

Leave a Reply

