Tradisional Penyembuh Luka

Akhirnya hari sabtu lagi, smoga hawa dimana-mana terasa sejuk ya.
Tidak sepanas kemaren 🙂

Melihat postingan sebelumnya soal seseorang yang berdarah-darah habis disuntik katanya, saya jadi teringat sama resep tradisional nan alami bila terjadi luka ataupun sakit yang semestinya bisa ditangani dengan apa-apa yang ada di sekitar kita.

  1. Luka.
    Biasanya kalo anak kecil ataupun kita luka, sampe berdarah, baik kena silet ataupun benda-benda tajam lainnya.  Kalo lumayan dalam biasanya darahnya tidak langsung berhenti.  Cara yang gampang untuk menghentikan luka adalah dengan menggunakan pucuk daun pisang.  Caranya itu pucuk pisang dikunyah2 lalu tempelin ke luka, fungsinya sebagai koagulan yang akan menutup luka.

    Kalo nggak ada pucuk pisang, bisa juga pake sarang laba-laba, atau getah tanaman brotowali.

    Trus, untuk menjaga supaya tidak infeksi, kalau kebetulan tidak ada obat merah, maka gunakan saja air garam.  Caranya ya tinggal campur garam secukupnya di air hangat secukupnya pula, trus rendamin aja tuh luka.
    Garam ampuh soalnya kan megandung yodium yang juga kandungan utama obat merah itu.  Jangan takut pedih, nggak bakal kok.

  2. Panas sehabis imunisasi.
    Anak yang habis dikasih suntikan imunisasi DPT *kalo nggak salah*  biasanya bekas suntikannya rada bengkak, dan juga badannya agak panas.
    Cara yang lumayan ampuh untuk menghilangkan panas selain memberikan obat turun panas adalah mengoleskan tanah bekas kotoran cacing tanah.
    Cara nyarinya gampang, liat saja di tanah yang agak gembur, kalo ada tanah yang berbentuk gumpalan-gumpalan kecil, nah itu dia.  Ambil sedikit, trus olesin di bekas suntikan. 

    Hal ini bisa diterima logika karena, cacing tanah sendiri merupakan obat penurun panas yang ampuh.  Sekarang sampe dijual kapsul cacing tanah sebagai obat penurun panas dan pencegah tipes.

  3. Udah itu aja dulu, yang inget sih ya yag dua itu, ntar kalo ada yang lain diposting lagi deh.

selamat berakhir pekan, ya

🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: