Bentuk Tulisan Terbaik di Ngerumpi

Latar Belakang

Melihat perkembangan ngerumpi.com, baik dari segi jumlah user, maupun berbagai jenis tulisan yang terbagi dalam beberapa kategori, maka sepertinya menarik untuk menelisik lebih jauh tulisan yang seperti apa yang menggelitik para pembaca untuk dibaca, disimak, dirusuhkan dan lebih jauh untuk direnungkan.  Lalu bagaimana kansnya mencuri perhatian di kalangan para pemirsa

Tinjauan Pustaka.

Ngerumpi adalah situs seputar wanita, sebuah wadah diskusi yang berisi segala hal yang berhubungan dengan dunia perempuan, dunia sejuta warna yang begitu dekat dengan kita. (Ngerumpi, 2009)

Tidak peduli seberapa sering tulisan kita kosong melompong tanpa komentar, atau hanya dikomentari oleh segelintir orang… Tidak peduli seberapa sering tulisan kita malah dikritik jelek dan ancur banget… Tidak peduli seberapa sering orang menganggap tulisan kita membosankan… Dan tidak peduli seberapa sering kita adu argumen dengan orang lain di komen-komen kita…. Yang penting adalah, seberapa banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari sana… Seberapa banyak pembentukan karakter yang bisa kita pelajari dari proses2 itu… dan Seberapa banyak kita bangkit dan terus berlatih lagi… ITU YANG LEBIH PENTING! (Silly, Okt.2009)

Ngerumpi adalah panggung. Lampu sorot ribuan watt, layar besar di sisi kanan dan kiri, ratusan kursi penonton, ruangan besar dengan beberapa pendingin udara, suara musik di latar belakang, feedback dan suara sember sesekali terdengar karena sistem akustik ruang yang belum sempurna. Tak apa. Ngerumpi tetaplah panggung, dan kita semua pemainnya. (Venus, Agt. 2009)

Menulis adalah sarana untuk menyampaikan apa yang ada di kepala sampeyan kepada orang lain, bukan untuk membuktikan sampeyan pinter menulis. Berarti paling ndak ada tiga komponen yang berperan di sini, ide yang nongkrong di kepala, saya selaku penulis, dan pembaca selaku sasaran penyampaian ide. (Mastein, Feb. 2010)

Bukan cuma mereka-mereka yang udah lebih lama di ngerumpi kok yang bisa bikin tulisan-tulisan bagus dan menarik (MbakDos, Nov. 2009).

Metode Penggelitikan

Objek penggelitikan adalah mengamati secara asik dan kadang iseng semua tulisan yang berseliweran di ngerumpi sejak awal Juni 2009.

Berusaha menggunakan metode kualitatif dan juga kuantitatif, tentu lebih banyak disambi ngintif.  Maksudnya mengintipi tulisan-tulisan yang semakin hari semakin kreatif.

Hasil dan Pembahasan

Setelah dicermati, ternyata berbagai genre tulisan ada disini.  Walau benang merahnya masih tetap dijaga, yaitu dalam koridor soal yang berhubungan dengan wanita.  Walaupun pada kenyataannya banyak juga para lelaki yang betah menulis dan hadir di kalangan para perempuan yang wangi-wangi ini.  Mungkin ini sebagai penyeimbang pandangan, asumsi maupun persepsi.  Bukankah kalau dilihat dalam dua sisi makin semurna pandangan akan suatu objek, apalagi soal perempuan.

Jenis tulisan yang bisa ditemui bisa berupa narasi, persepsi, pandangan akan hidup perempuan, tentang bagaimana plus minusnya hubungan perempuan dan lelaki, trik dan tips, cerita, fiksi, berbagi pengalaman baik pribadi maupun pengamatan terhadap pengalaman orang terdekat, pahit manisnya cinta, puisi maupun pencitraan sebuah lagu dan juga foto-foto unik dan menarik.

Semuanya terbagi atas lima kategori yaitu relationship, family, x & y, oot dan foto.
Yang menbedakan tulisan disini dengan media web 2.0 lainnya adalah semua tulisan akan dihargai oleh para pembaca, karena semua bisa menghargai segala bentuk tulisan apapun, dalam bentuk bagaimanapun dan oleh siapapun.  Asalkan tidak lepas dari topik utama dan tidak menyinggu unsur SARA.

Kesimpulan

Dari semua uraian yang berusaha disampaikan, bisa ditarik kesimpulan bahwa semua tulisan di ngerumpi adalah yang terbaik.  Terutama yang murni ditulis dari hati sang penulisnya.  Karena semua yang berasal dari hati yang tulus, akan bisa terasa oleh hati siapapun yang membaca dan meresapinya.  Tidak peduli apapun bentuk tulisannya dan siapapun penulisnya.

Saran

Teruslah menulis, karena di samping fungsi utamanya sebagai tempat berbagi cerita, ngerumpi juga secara tidak langsung mentahbiskan diri sebagai wadah pembelajaran yang efektif untuk belajar menuangkan segala macam hal yang ingin diceritakan pada dunia, dan tidak terbatas cuma tentang cinta.

Sekian dan Terimakasih

Advertisements

2 Responses to “Bentuk Tulisan Terbaik di Ngerumpi”

  1. nonadita Says:

    lg mbikin skripsi analisis media komunikasi, mas? :mrgreen:

    *eh

    warm : bisa saja kaw, nona 😀

  2. maymunah Says:

    Kangen ngerumpi.com :”(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: