Tulisan yang Menarik

Sungguh pagi ini saya kehabisan ide.
Nggak tahu lagi musti nulis apaan.

Tapi saya pengen nulis, tentang apa saja.
Disini saja, bukan disitu, atau disana.

Ah, gini saja,  karena barusan saja liat-liat tulisan orang-orang disini.

Ada beberapa faktor yang bikin saya nyaman ngebaca tulisan-tulisan itu.

  • Yang pertama tentunya cara bertutur, alias cara bercerita.  Cerita yang mengalir, penjelasan yang runtut, jelas dari awalan, isi utama sampai penutupnya.  Pasti akan saya baca sampai tuntas.
  • Kedua, tulisan yang simpel. Artinya ringan, ringkas, tapi padat.  Kadang mungkin isinya konyol, tapi ada sesuatu yang menarik dari tulisan singkat itu.
  • Ketiga, susunan kalimat.  Ya semacam struktur tulisan lah.  Jadi, pemberian spasi, tanda baca sampai penyambung antar kalimat, bikin mata nyaman.
  • Keempat, jujur nih, saya tergoda dengan tulisan yang banyak ngasih komen,  itu artinya isinya seru, dan penulisnya biasanya punya pribadi yang hangat.  Suka ngasih jawaban saja atas komen apa saja yang nyasar ke tulisannya.
  • Kelima, tulisan yang punya ciri khas.  Ini susah dijelaskan.  Pokoknya yang unik lah.

Saya nggak pernah memilah milah, antara penulis yang lama bergentayangan disini.  Atau yang jarang nulis, atau malah yang baru nulis.

Pokoknya yang saya rasa asik, ya saya baca.
Gitu, simpel saja, kan ?

Leave a Reply

